10 November 2011

Dari Mana Paku dan Jarum di Tubuh Safira, Ini penyakit aneh


Sebanyak 24 logam sejenis paku, satu potongan jarum suntik, dan sebatang aluminium bersarang di kedua betis Safira (sebelumnya disebut Safirah), bocah tiga tahun dari Pare-pare Sulawesi Selatan. Satu potongan jenis logam masih berada di antara perut dan punggung. Keluarga baru mengetahui penyakit aneh ini sejak beberapa minggu lalu.

"Pertama terungkap, beberapa minggu lalu ada benjolan keluar dari betis kanan Safira," kata paman korban, Wawan, dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Rabu 2 November 2011.

Saat terlihat ada benjolan mencurigakan itu, keluarga mengamati dengan rinci. Benjolan-benjolan itu rupanya tidak hanya berada di satu titik. Tapi menjorok dari dalam ke luar di beberapa lokasi permukaan betis. Dan itu tidak hanya berada di betis kanan.

"Ketika dilihat seperti ada logam. Saat diperiksa secara fisik, ada benjolan-benjolan lain," kata Wawan. Keluarga pun khawatir bukan kepalang.

Belum diketahui kapan pastinya benjolan itu terlihat. Ada yang menyebut sejak 6 bulan lalu, ada yang mengatakan baru sekitar 3 bulan lalu.

Safira dan ibunya, Syarifah, tinggal warga Jalan Reformasi, Kelurahan Tiro Sompe, Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, Sulawesi Selatan. Keluarga memutuskan membawa Safirah ke RS Umum Daerah Pare-pare.

"Tiga atau empat hari lalu, kami bawah ke Rumah Sakit Umum Daerah Pare-pare," kata Wawan. Setelah dibawa ke rumah sakit, keesokan harinya dokter melakukan rontgen pada dua betis Safira.

"Hasilnya positif. Bahwa benda yang berada di dalam betis Safirah itu adalah memang logam," kata Wawan.

Direktur RSUD Pare-pare dr Jamal, menegaskan bahwa kasus jenis ini baru pertama kali ditangani RSUD Parepare. Dokter Jamal membenarkan bahwa logam-logam itu bersarang di dalam betis Safirah.

Tetapi, Jamal tidak berani menyimpulkan penyakit apa yang diderita Safirah. Jamal mengakui bahwa ini kasus aneh yang belum dapat dijelaskan secara medis. "Tapi ini fakta dan tidak kami bantah. Saya pribadi menganggap ini aneh. Kalau ini disengaja, juga tidak mungkin," kata dia.

Menurut dia, batang logam yang dikeluarkan dari dua betis bocah itu memiliki ukuran dan jenis berbeda. Total, ada 24 batang logam berbentuk paku, satu potongan jarum suntik, dan sebatang aluminium. "Panjangnya 3 hingga 5 centimeter," ujar Jamal. (Laporan: RHA, Makassar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar