25 November 2011

Menyongsong Tahun yang Selalu Baru


Bukan tidak terasa melainkan sangat terasa. Sangat terasa sudah akhir tahun. tahun 2011 Masehi tinggal hitungan hari akan segera berakhir. Dan tahun hijriyah telah berganti lembaran baru. 1432 Hijriyah telah berlalu dan Tahun 1433 Hijriyah telah datang. Perputaran waktu menjadi salah satu bagian dari kehidupan seorang manusia. Waktu menjadi bagian penting dari kehidupan itu sendiri. Hitungan detik, jam, hari, minggu, tahun, menjadi sebuah hal yang penting dalam kehidupan seorang manusia. Coba anda bayangkan seandainya di kehidupan ini tidak mengenal hitungan waktu, Tidak mengenal jam, tidak mengenal penanggalan. Tentu apa yang kita lakukan tidak akan ada muatan semangat. Ditengah menulis artikel ini pikiran saya teringat dengan artikel yang saya tulis 2 tahun lalu. Tepatnya ujung desember 2007. Artikel yang berjudul Doa Online. Jika anda belum pernah membacanya silahkan baca artikel tersebut. Mungkin bisa memberikan Inspirasi.

Dengan mengingat perputaran waktu dan ketidakkekalan kehidupan dunia ini, maka sudah sewajarlah setiap gerak – gerik kita merupakan nafas kehidupan yang baik. Tidak hanya sekedar asal hidup atau hidup asal - asalan. Terlalu sayang jika kehidupan ini tidak kita persiapkan dan lebih – lebih dijalani dengan kebaikan. Karena toh pada akhirnya jiwa ini akan berpisah dari raga, dan raga ini akan mati. Dengan menyadari pergantian tahun akan menyadarkan pada kita akan pergantian waktu, dan dengan menyadari pergantian waktu akan menyadarkan kita akan pergantian kehidupan.

Sudahkah kita memepersiapkan segala sesuatunya untuk menyongsong tahun yang baru, lembaran baru?. Dan memang setiap tahun yang kita jelang adalah tahun baru. Hanya diri kita lah yang bisa memacu diri kita. Yang dari luar hanyalah pelecut atau pemicu. Selebihnya tergantung kitalah yang mengolahnya menjadi energi baru. Pepatah arab mengatakan “Man jadda wa jada” yg artinya “Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil!!” kesungguhan kita akan menentukan hasil yang akan kita peroleh kedepan. Apapun cita – cita kita, bukan seberapa besar cita – cita kita, bukan seberapa rumit cita – cita kita, melainkan kesungguhan kita dalam memperjuangkan cita – cita tersebut. Semoga di tahun yang baru ini kebaikan – kebaikan yang akan selalu menyertai kita. Dimanapun kita berada. Semoga Allah SWT mempermudah dan mewujudkan semua niat (cita) baik kita. Kita dihindarkan dari segala bala dan bencana. Aminnn. Salam Penuh Berkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar