30 Oktober 2011

Bismillah adalah Spirit


"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

Awali langkah dengan bismillah. Maju jalan, temukan spirit yang hilang. Satu jiwa berjuta hikmah. Setiap langkah bermakna. Setiap huruf menjadi hidup, setiap kata menginspirasi jiwa, setiap kalimat bermanfaat, setiap paragraf membuka pemahaman yang lengkap, setiap judul menggugah ide untuk muncul, dan gagasan mencerahkan.

Iqra’ bismirabbikalladzi khalaq “bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan. Membaca dengan kesadaran. Membaca tanpa menyebut nama Allah : sekuler.

Bismillah adalah spirit. Pintu segala kebaikan, jendela keberkahan, gerbang kesuksesan, jalan kebahagiaan, gapura hidayah, spirit penggugah agar jiwa terus melangkah.

Bismillah adalah visi, bersih dalam pengawasan Allah, peduli terhadap sesama, profesional dalam kinerja.

Bismillah adalah mu’aahadah, agar janji terpatri di hati setiap detik, menit, jam, hari, pekan, bulan, tahun dan abad.

Bismillah adalah murooqobah, merasakan kehadiranAllah begitu dekat, mengawasi, mengiringi, mendampingi, menunjuki, dan meneguhkan pijakan kaki. “Jika Allah menolong kamu, maka tak ada orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karna itu hendaklah kepada Allah saja orang-2 mukmin bertawakal” (Q.S. Ali ‘Imran: 160).

Bismillah adalah mujaahadah. Bersungguh-sungguh, tanpa mengeluh, pantang berkesah, dan senang berjuang. “Barangsiapa yang bersungguh-2 di jalan Kami sungguh benar-benar akan Kami tunjukkan jalan Kami”. (Q.S al-Ankabut : 69).


Bismillah adalah musyaarathah. Syarat diterima sebuah amal, kinerja, perbuatan kalau dipenuhi rukunnya. Pertama bismillah niat karena Allah, ikhlas mengharap ridhaNya. Kedua benar caranya, sesuai tuntunan, prosedur, aturan, syari’at dan manhaj.

Bismillah adalah doa. Doa adalah cita-cita, doa adalah harapan, doa adalah kekuatan, doa adalah pengarah langkah, doa adalah keyakinan yang menggerakkan, doa adalah kepasrahan atas ketakberdayaan, doa adalah pengakuan kelemahan di depan Allah pemilik segala kesempurnaan. Bismillah adalah doa bukan sekedar doa, bismillah adalah kekuatan, bertumpu pada tauhid, keyakinan. Keyakinan ini membuat jiwa orang beriman selalu optimis menapaki kehidupan, dan istiqomah.

Jadi jangan lupakan bismillah dimanapun kita berada, ucapkan lah setiap ingin melakukan sesuatu.

Artikel di atas di petik dari buku New Quantum Tarbiyah karangan Solikhin Abu Izzuddin*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar