09 Oktober 2011

Visi dan Misi

Apakah Visi dan Misi itu? 

( 1 )

a. Visi merupakan sesuatu yang didambakan untuk dimiliki dimasa depan (what do they want to have). Visi menggambarkan aspirasi masa depan tanpa menspesifikasi cara-cara untuk mencapainya, visi yang efektif adalah visi yang mampu membangkitkan inspirasi.

b. Misi adalah bentuk yang didambakan di masa depan (what do they want to be).
Misi merupakan sebuah pernyataan yang menegaskan visi lewat pilihan bentuk atau garis besar jalan yang akan diambil untuk sampai pada visi yang telah lebih dulu dirumuskan.

c. Keduanya tidak memiliki dimensi ukur kuantitatif (persentase, besaran waktu, dll). Sebagai konsep yang ideal visi-misi ini harus diterjemahkan lagi dalam konsep yang lebih nyata dan terukur yaitu tujuan (objective). Tujuan disini adalah tujuan sebagai konsep yang jauh lebih riil.

d. Proses perumusan visi-misi maupun tujuan dari sebuah organisasi atau program bukanlah proses yang mudah dan tanpa perenungan. Proses ini adalah proses yang subyektif dan sangat tergantung pada iklim organisasi. Yang paling penting adalah bagaimana membangun visi-misi dan tujun melalui proses yang sedemokratis mungkin. Yang selanjutnya adalah bagaimana interaksi dari bahasan analisa SWOT, Visi dan Misi dapat merumuskan sebuah tujuan yang riil dan terukur dalam perjalanan roda organisasi.

( 2 ) 

a. Visi adalah sebuah kata yang berasal dari kata Inggris yang berarti pandangan dan hal ini sangat berkaitan dengan suatu rencana yang akan disusun untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang sifatnya umum. Didalam perjalanannya kata VISI sering digunakan juga untuk hal hal yang sifatnya khusus bahkan hampir setiap kegiatan baik itu yang sifatnya kegiatan amal, kegiatan pendidikan ataupun kegiatan komersial selalu menggunakan kata VISI dalam membuat rencana atau program kerja mereka. Namun demikian kata VISI tetap pada arti yang aslinya yaitu suatu pandangan kedepan yang akan menjadi sasaran ataupun tujuan akhir dari suatu kegiatan. Jadi sebuah VISI adalah suatu pandangan yang sifatnya sangat umum tetapi mengandung suatu arti yang cukup dalam sehingga didalam membuat suatu uraian mengenai VISI harus benar benar dipikirkan artinya yang lebih filosofis tetapi terungkap dalam kata yang sederhana.

b. Misi mempunyai arti yang sangat berlainan dengan kata VISI karena di dalam kata misi terkandung suatu pesan kemanusiaan yang tinggi dan juga terkandung suatu aktivitas yang mengarah kepada suatu tujuan dari aktivitas tersebut dalam kaitan dengan kemanusiaan. Didalam kesehariannya kata MISI sering disatukan dengan kata VISI dan hal ini seolah olah telah menjadi suatu acuan umum bagi setiap kegiatan yang akan dilaksanakan dan sepertinya dua kata ini sudah saling dijodohkan satu sama lain, sehingga apabila hanya terdapat satu kata saja akan terasa tidak pas.

Sebenarnya hal ini terlalu diada-adakan karena tidak selalu setiap pekerjaan mengandung suatu VISI ataupun mengandung suatu MISI dan tidak selalu setiap kegiatan harus dibuat VISI ataupun MISI nya karena setiap apapun yang kita lakukan seringkali secara otomatis sudah mengandung kedua unsur tadi tanpa harus ditulis secara khusus.

( 3 )

a. Vision: Defines the desired or intended future state of a specific organization or enterprise in terms of its fundamental objective and/or strategic direction.

b. Mission: Defines the fundamental purpose of an organization or an enterprise, basically describing why it exists.

( 4 ) 

a. Vision:

1. the act or power of seeing with the eye; sense of sight.

2. a) something seen by other than normal sight; something perceived in a dream, trance, etc. or supernaturally revealed, as to a prophet ; b) the experience of having such a perception or revelation.

3. a mental image; esp., an imaginative contemplation to have visions of power

4. a) the ability to perceive something not actually visible, as through mental acuteness or keen foresight a project made possible by one man’s vision ; b) force or power of imagination a statesman of great vision.

5. something or someone, esp. a woman, of extraordinary beauty.

a. Mission:

1. a sending out or being sent out with authority to perform a special service; specif., a) the sending out of persons by a religious organization to preach, teach, and convert ; b) the sending out of persons to a foreign government to conduct negotiations ; c) the work done by such persons

2. a) a group of persons sent by a religious body to spread its religion, esp. in a foreign land ; b) its organization, headquarters, or place of residency ; c) organized missionary work.

( 5 ) 

a. Visi adalah suatu pernyataan tentang gambaran keadaan clan karakteristik yang ingin di capai oleh suatu lembaga pada jauh dimasa yang akan datang. Banyak intepretasi yang dapat keluar dari pernyataan keadaan ideal yang ingin dicapai lembaga tersebut. Visi itu sendiri tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, oleh kemungkinan kemajuan clan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Pernyataan Visi tersebut harus selalu berlaku pada semua kemungkinan perubahan yang mungkin terjadi sehingga suatu Visi hendaknya mempunyai sifat/fleksibel. Untuk itu ada beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan Visi:

1) Berorientasi pada masa depan;

2) Tidak dibuat berdasar kondisi atau tren saat ini;

3) Mengekspresikan kreativitas;

4) Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat ;

5) Memperhatikan sejarah, kultur, clan nilai organisasi meskipun ada perubahan terduga ;

6) Mempunyai standard yang tinggi, ideal serta harapan bagi anggauta lembaga ;

7) Memberikan klarifikasi bagi manfaat lembaga serta tujuan-tujuannya ;

8 ) Memberikan semangat clan mendorong timbulnya dedikasi pada lembaga;

9) Menggambarkan keunikan lembaga dalam kompetisi serta citranya ;

10) Bersifat ambisius serta menantang segenap anggota lembaga

(Lewis & Smith, 1994).

b. Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya meng-ujud-kan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi. Pernyataan Misi memberikan keterangan yang jelas tentang apa yang ingin dituju serta kadang kala memberikan pula keterangan tentang bagaimana cara lembaga bekerja. Mengingat demikian pentingnya pernyataan misi maka selama pembentukannya perlu diperhatikan masukan-masukan dari anggota lembaga serta sumber-sumber lain yang dianggap penting. Untuk secara Iangsung pernyataan Misi belum dapat dipergunakan sebagai petunjuk bekerja.

Intepretasi lebih mendetail diperlukan agar pernyataan Misi dapat diterjemahkan ke langkah-langkah kerja atau tahapan pencapaian tujuan sebagaimana tertulis dalam pernyataan Misi. Untuk memberikan tekanan pada faktor komprehensif dari pernyataan misi maka pernyataan tersebut hendaknya mampu memberikan gambaran yang menjawab pertanyaan pertanyaan sbb (Lewis & Smith 1944) :

1) Keberadaan lembaga adalah untuk berbuat apa;

2) Apa produk atau jasa yang utama dari lembaga;

3) Apa yang bersifat unik dari lembaga ;

4) Siapa konsumen utama dari lembaga;

5) Mengapa mereka merupakan konsumen utama ;

6) Pihak lain mana yang berkepentingan dengan lembaga dan mengapa;

7) Apa “Core Values” / nilai dasar lembaga;

8 ) Apa yang berbeda pada lembaga 5 th yang lalu dan sekarang ;

9) Mengapa berbeda ;

10) Apa yang berbeda pada lembaga saat sekarang dan 5 th dari sekarang;

11) Mengapa hal itu akan menjadi beda;

12) Apa produk atau jenis jasa yang akan diberikan lembaga di masa depan;

13) Apa yang harus dikerjakan lembaga untuk menyiapkan produk baru tersebut;

14)Apakah jawaban pertanyaan-pertanyaan di atas merefleksikan Visi lembaga ? ;

15) Bila tidak, pertanyaan mana yang harus ada dan apa jawabannya.

CONTOH VISI DAN MISI

Pertama

Visi: Visi Pembangunan Kesehatan di Jawa Barat adalah “Penggerak Masyarakat Jawa Barat Sehat 2010”, dimana pembangunan kesehatan diharapkan mampu mencapai tingkat kesehatan tertentu yang ditandai oleh :
  1. Lingkungan yang kondusif bagi terwujudnya keadaan sehat. 
  2. Perilaku masyarakat yang proaktif untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah terjadinya penyakit. 
  3. Pelayanan kesehatan yang berhasil guna dan berdaya guna tersebar merata di seluruh wilayah Jawa Barat. 
  4. Masyarakat memiliki kemampuan menjangkau pelayanan kesehatan bermutu. 
Misi: Guna mewujudkan Visi yang ditetapkan, maka perlu didukung oleh Misi sebagai satu pernyataan dalam menetapkan tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Adapun Misi Dinas Kesehatan adalah :

1. Membina dan mengendalikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan serta melaksanakan pelayanan kesehatan khusus yang bermutu, aman merata dan terjangkau.

2. Menggerakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memfasilitasi terciptanya lingkungan yang sehat.

3. Mendorong terciptanya gerakan hidup bersih dan sehat.

4. Membangun Sistem Kesehatan Wilayah dalam upaya memelihara kesinambungan Pembangunan dan Pelayanan Kesehatan.

5. Membangun Organisasi Kesehatan yang mampu memberikan pelayanan prima dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional.

Kedua
Vision: Our vision is safe, healthy workplaces for Nova Scotians and sustainable safety and insurance services.

Mission: Our mission is to work together to help keep people healthy and safe at work, to insure against loss and to support workers’ rehabilitation. We strive to be fair, open and responsible in everything we do.

Lainnya

1. Vision Statement Example :
a. By 2025 my institution will have 500 thousand active students from nine continents of the world studying in a virtual campus about many cultures of the world as well as the latest sciences and technology. Graduates of my institution will bring and encourage peace to the world as a result of their involvement with my institution and will find the means to help hose who are unfortunate enough not to have been a graduate of my institution in order to improve their living and intellectual conditions.

b. Quality Vision Statement of Eastern Iowa Community College District Eastern Iowa Community College District is committed to meeting or exceeding Customer needs and expectations through Continuos Quality Improvement

2. Mission Statements of

a. Otago Polytechnic

To Equip its students with the capability for self development, thus empowering them to become useful, productive, efficient, responsive and proactive citizens who will make a positive contribution to the needs of the country in an
environment of continuous social, economic anc’ technological change.

b. Solikull College (U.K.) Approved in 1995 :

The College is here to meet the present and future education and training needs of the whole community. It aims to be open, accessible and supportive and to seek excellence in all that it does.

c. Swinburne University of Technology (from its strategic plan 1996 – 2000)

Swinburne University of Technology’s mission is to be a leading, intersectoral university offering high quality education, training, research and consultancy focussed on the needs of industry, business, government and the local, National and International communities

Tidak ada komentar:

Posting Komentar